Minggu, 23 Oktober 2016

DEWASA

Ada banyak peristiwa dan kondisi yang silih berganti hadir dalam hidup kita, termasuk peristiwa dan kondisi yang tidak kita inginkan, atau yang belum siap kita dengar dan terima,

Hal yang mengejutkan, 
yang menakutkan,
membingungkan,
menyakitkan,
merepotkan, 
hingga hal yang paling memalukan.
Pasti pernah kita alami.

Lalu mau bagaimana?
Tidak akan ada tanaman yang subur tanpa perawatan yang baik,
tidak akan ada gedung - gedung mewah tanpa adanya kerja keras para pekerjanya,
tidak akan ada masakan enak tanpa adanya koki yang hebat dengan racikan bumbu yang baik.

Begitulah Allah mengajarkan kita bahwa tidak ada hal yang baik tanpa penyikapan yang baik. Peristiwa dan kondisi yang hadir dalam hidup kita adalah Allah swt yang menghidangkannya untuk kita santap dengan baik, Jadi bukan seberapa beratnya, bukan seberapa menyakitkan dan merepotkannya, serta seberapa memalukannya, tapi seberapa kuat dan seberapa baik kita menyikapi semua yang dihadirkan Allah untuk kita. Inilah cara Allah swt untuk memberi pelajaran bagi hambaNya, menjadikan hambaNya sebagai prajurit yang tahan banting, mampu bertahan dan menyelesaikan segala kondisi dengan sebaik - baiknya, yang pada intinya adalah untuk mendewasakan hambaNya.

Karena fase kehidupan tidak akan berjalan sama terus - menerus. Masa kecil kita pasti akan berubah menjadi masa kanak - kanak, masa kanak - kanak kita pasti akan berubah menjadi masa muda, begitu seterusnya, yang dalam setiap fasenya tidak akan sama ujian dan tantangannya. 

Maka karena Allah swt yang menghadirkan segala peristiwa dan kondisi dalam hidup kita, kembalilah pada Allah swt untuk menghadapi dan menyelesaikannya. Meminta untuk dikuatkan bukan untuk diringankan atau dikurangi bebannya, meminta diberi kesabaran dengan kesabaran yang baik, agar segala penyikapan terhadap apa - apa yang hadir dalam hidup kita adalah petunjuk dari Nya. 

Termasuk sikap untuk menunggu dan ditunggu, menjaga dan dijaga...

Mari mendewasa!


Jumat, 21 Oktober 2016

Tidak ada komentar: